VISI, MISI, DAN TUJUAN SEKOLAH
1. Visi Sekolah
Menghasilkan siswa yang berwawasan ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek), sehat, berprestasi, bermutu, berbudi pekerti luhur yang dilandasi dengan iman dan taqwa
2. Indikator Visi
v Lulusan memiliki akhlak yang mulia.
v Berprestasi dalam mengelola lingkungan sekolah berbasis Usaha Kesehatan Sekolah, yang meliputi upaya mencegah pencemaran dan kerusakan lingkungan, melestarikan lingkungan, dan meningkatkan kualitas lingkungan.
v Unggul dalam prestasi akademik dan prestasi non akademik
v Terampil dalam kegiatan produktif.
3. Misi Sekolah.
v Meningkatkan efisiensi dan efektifitas program pembelajaran dan bimbingan untuk mewujudkan siswa yang unggul dan berkualitas.
v Meningkatkan sumber daya guru dan pegawai atas dasar profesionalisme yang memiliki pandangan dalam pembaharuan.
v Meningkatkan prestasi akademis dan non akademis siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler sesuai dengan minat dan bakatnya.
v Meningkatkan kinerja sekolah melalui pengembangan Manajemen Berbasis Sekolah(MBS) dengan dukungan komite sekolah.
v Warga sekolah menjunjung tinggi nilai-nilai agama sehingga nuansa agamis dilaksanakan oleh seluruh warga sekolah sesuai dengan nilai-nilai yang berlaku
v Meningkatkan lingkungan bersih dan indah untuk menjunjung keselarasan antara warga sekolah dengan lingkungan.
v Mendorong bertumbuhkembangnya semangat dan kecintaan seluruh warga sekolah untuk menjadikan kebersihan diri dan lingkungan hidup sebagai bagian dari kehidupan yang utuh secara keseluruhan.
v Mengoptimalkan kegiatan akademik serta program-program khusus yang memungkinkan siswa berkembang secara optimal, baik kecerdasan intelektual, emosional, serta sosialnya, sehingga tumbuh sebagai makhluk individu maupun sebagai makhluk sosial yang sukses dalam hidupnya.
v Memfasilitasi, memupuk, dan mengembangkan ketrampilan siswa sebagai suatu ketrampilan produktif.
4. Tujuan Sekolah.
v Pada akhir tahun pelajaran 2011/2012 dan seterusnya seluruh lulusan dapat melaksanakan ibadah shalat dengan benar, khatam membaca Al Quran, dan memiliki kelompok kesenian keagamaan berupa Seni Baca Maulidurrasul yang mampu tampil dalam mengisi kegiatan keagamaan sekolah.
v Pada akhir tahun pelajaran 2011/2012 dan seterusnya, semua siswa mengetahui dan dapat menerapkan hidup bersih & sehat, dan secara kelembagaan memperoleh predikat minimal Juara Tiga Tingkat Nasional bidang Sekolah Sehat.
v Pada akhir tahun pelajaran 2011/2012 dan seterusnya memiliki grup basket yang mampu menjadi Juara I tingkat Kota Banjarmasin, dan memiliki minimal tiga kelompok seni siswa.
v Pada akhir tahun pelajaran 2011/2012 dan seterusnya kemampuan akademik siswa berupa rata-rata kenaikan Nilai Rapor per-smester > 0,50 dan Gain Score Achievement (GSA) Nilai Rata-rata Ujian Nasional mencapai : > + 0,50
v Pada akhir tahun pelajaran 2011/2012 seluruh lulusan memiliki ketrampilan mengoperasikan komputer, minimal Program Microsoft Word dan Microsoft Excel.
v Pada akhir tahun pelajaran 2011/2012 minimal memiliki satu Unit Ketrampilan yang terkelola dengan baik.
KURIKULUM
Kurikulum yang diterapkan adalah Kurikulum Tingkat SMP Negeri 11 Banjarmasin terhitung mulai semester ganjil tahun pelajaran 2008/2009 untuk kelas VII, VIII, dan IX .
1. Struktur Kurikulum
Komponen | Kelas dan Alokasi Waktu | ||
VII | VIII | IX | |
A. Mata Pelajaran 1. Pendidikan Agama | 2 | 2 | 2 |
2. Pendidikan Kewarganegaraan | 2 | 2 | 2 |
3. Bahasa Indonesia | 4 | 4 | 5 |
4. Bahasa Inggris | 4 | 4 | 5 |
5. Matematika | 5 | 5 | 5 |
6. Ilmu Pengetahuan Alam | 4 | 4 | 5 |
7. Ilmu Pengetahuan Sosial | 4 | 4 | 4 |
8. Seni Budaya | 2 | 2 | 2 |
9. Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan | 2 | 2 | 2 |
10.Teknologi Informasi dan Komunikasi | 2 | 2 | 2 |
B. Muatan Lokal | |||
1. Masakan Khas Banjar | 2 | 2 | - |
2. Keterampilan Jasa | - | - | 2 |
3. Baca Tulis Al Quran | 2 | 2 | 2 |
C. Pengembangan Diri | 3 | 3 | - |
D. Bimbingan Konseling | 1 | 1 | 1 |
Jumlah | 39 | 39 | 39 |
2*) Equivalen 2 jam pelajaran.
2. Ketuntasan Belajar
Standar Ketuntasan Belajar siswa setiap mata pelajaran yang berlaku tahun pelajaran 2011/2012 adalah
sebagai berikut :
sebagai berikut :
NO | Mata Pelajaran | Nilai | |
Angka | Huruf | ||
1 | Pendidikan Agama | 70 | Tujuh puluh |
2 | Pendidikan Kewarganegaraan | 70 | Tujuh puluh |
3 | Bahasa Indonesia | 68 | Enam puluh delapan |
4 | Bahasa Inggris | 66 | Enam puluh enam |
5 | Matematika | 66 | Enam puluh enam |
6 | Ilmu Pengetahuan Alam | 67 | Enam puluh tujuh |
7 | Ilmu Pengetahuan Sosial | 70 | Tujuh puluh |
8 | Seni Budaya | 70 | Tujuh puluh |
9 | Pendidikan Jasmani | 73 | Tujuh puluh tiga |
10 | Pilihan | ||
a. Keterampilan | - | - | |
b. Teknologi Informasi dan Komunikasi | 68 | Enam puluh delapan | |
11 | Muatan Lokal | ||
a. Masakan Khas Banjar | 70 | Tujuh puluh | |
b. Baca Tulis Al Quran | 70 | Tujuh puluh | |
c. Keterampilan Jasa | 70 | Tujuh puluh |
KETERANGAN :
1. Setiap siswa harus memiliki Nilai Akhir Smester Genap sama atau lebih tinggi dari SKBM setiap mata pelajaran
2. Jika Nilai Akhir Semester Genap yang diperoleh siswa di bawah SKBM maka ybs. dinyatakan"TIDAK TUNTAS", artinya wajib mengikuti "REMEDIAL".
3. Jika sampai batas waktu yang ditentukan untuk selesainya remedial ybs. belum memperoleh nilai sama atau di atas SKBM masing-masing mata pelajaran, maka akan ditentukan sbb. :
a. Siswa harus memperoleh nilai rata-rata untuk 70 % dari semua mata pelajaran termasuk Muatan Lokal sbb. :
- Kelas VII : >
- Kelas VIII : >
- Kelas IX : >
b. Hanya boleh ada 3 (tiga nilai) di bawah SKBM dengan nilai minimal 50,00
c. Jika ketentuan tentang nilai pada butir a dan b di atas tidak terpenuhi maka siswa ybs. dinyatakan "TIDAK NAIK KELAS".
3. Kriteria Kenaikan Kelas
a. Siswa dapat dinaikkan setingkat ke kelas yang lebih tinggi jika :
Kenaikan kelas dilaksanakan setiap akhir tahun pelajaran. Kriteria kenaikan
kelas berlaku setelah siswa memenuhi persyaratan berikut, yaitu :
ü Telah menyelesaikan seluruh program pembelajaran pada semester genap di tingkat yang sedang ditempuh oleh peserta didik.
ü Nilai kognitif yang kurang dari KKM tidak lebih dari 3 mata pelajaran untuk semester genap.
ü Nilai Pendidikan Agama dan Pendidikan Kewarganegaraan mencapai ≥ KKM
ü Nilai point pelanggaran maksimal 100.
ü Kehadiran minimal 80 %.
ü Diputuskan dalam rapat pleno dewan guru.
b. Pengolahan Nilai Rapor adalah sebagai berikut : NR = ( 2RH + UT + UAS ) / 4
NR : Nilai Rapor.
RH : Nilai Rata-rata Harian.
UT : Nilai Ulangan Tengah Semester.
UAS : Nilai Ulangan Akhir Semester