Profil Sekolah

VISI, MISI, DAN TUJUAN SEKOLAH
1.    Visi Sekolah

                        Menghasilkan siswa yang berwawasan ilmu pengetahuan dan  teknologi (Iptek),    sehat,  berprestasi, bermutu, berbudi pekerti luhur yang  dilandasi dengan iman dan taqwa

2.    Indikator Visi 

v  Lulusan memiliki akhlak yang mulia.
v  Berprestasi dalam mengelola lingkungan sekolah berbasis Usaha Kesehatan Sekolah,            yang  meliputi upaya mencegah pencemaran dan kerusakan lingkungan, melestarikan lingkungan, dan   meningkatkan kualitas lingkungan.
v  Unggul dalam prestasi akademik dan prestasi non akademik
v Terampil dalam kegiatan produktif.

3.    Misi Sekolah.

v  Meningkatkan efisiensi dan efektifitas program pembelajaran dan bimbingan untuk     mewujudkan  siswa yang unggul dan berkualitas.
v  Meningkatkan sumber daya guru dan pegawai atas dasar profesionalisme yang memiliki        pandangan dalam pembaharuan.
v  Meningkatkan prestasi akademis dan non akademis siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler    sesuai  dengan minat dan bakatnya.
v  Meningkatkan kinerja sekolah melalui pengembangan Manajemen Berbasis Sekolah(MBS)    dengan dukungan komite sekolah.
v  Warga sekolah menjunjung tinggi nilai-nilai agama sehingga nuansa agamis dilaksanakan oleh seluruh warga sekolah sesuai dengan nilai-nilai yang berlaku
v  Meningkatkan lingkungan bersih dan indah untuk menjunjung keselarasan antara warga sekolah dengan lingkungan.
v  Mendorong bertumbuhkembangnya semangat dan kecintaan seluruh warga sekolah untuk menjadikan kebersihan diri dan lingkungan hidup sebagai bagian dari kehidupan yang utuh secara keseluruhan.
v  Mengoptimalkan kegiatan akademik serta program-program khusus yang memungkinkan siswa berkembang secara optimal, baik kecerdasan intelektual, emosional, serta sosialnya, sehingga tumbuh sebagai makhluk individu maupun sebagai makhluk sosial  yang sukses dalam hidupnya.
v  Memfasilitasi, memupuk, dan mengembangkan ketrampilan siswa sebagai suatu ketrampilan produktif.

4.    Tujuan Sekolah.

v  Pada akhir tahun pelajaran 2011/2012 dan seterusnya seluruh lulusan dapat melaksanakan ibadah shalat dengan benar, khatam membaca Al Quran, dan memiliki kelompok kesenian keagamaan berupa Seni Baca Maulidurrasul yang mampu tampil dalam mengisi kegiatan keagamaan  sekolah.
v  Pada akhir tahun pelajaran 2011/2012 dan seterusnya, semua siswa mengetahui dan dapat menerapkan  hidup bersih & sehat, dan secara kelembagaan memperoleh predikat minimal Juara Tiga Tingkat Nasional bidang Sekolah Sehat.
v  Pada akhir tahun pelajaran 2011/2012 dan seterusnya  memiliki grup basket yang mampu menjadi Juara I tingkat Kota Banjarmasin, dan memiliki minimal tiga kelompok seni siswa.
v  Pada akhir tahun pelajaran 2011/2012 dan seterusnya kemampuan akademik siswa berupa rata-rata kenaikan Nilai Rapor per-smester > 0,50 dan Gain Score Achievement (GSA) Nilai Rata-rata Ujian Nasional  mencapai  :  > + 0,50 
v  Pada akhir tahun pelajaran 2011/2012 seluruh lulusan memiliki ketrampilan mengoperasikan komputer, minimal Program Microsoft Word dan Microsoft Excel.
v  Pada akhir tahun pelajaran 2011/2012   minimal memiliki satu Unit Ketrampilan   yang terkelola dengan baik.                                                       
KURIKULUM

              Kurikulum yang diterapkan adalah Kurikulum Tingkat SMP Negeri 11 Banjarmasin terhitung mulai semester ganjil tahun pelajaran 2008/2009 untuk kelas VII, VIII, dan  IX . 
1. Struktur Kurikulum
Komponen
Kelas dan Alokasi Waktu
VII
VIII
IX
A. Mata Pelajaran
    1. Pendidikan Agama

2

2

2
    2. Pendidikan Kewarganegaraan
2
2
2
    3. Bahasa Indonesia
4
4
5
    4. Bahasa Inggris
4
4
5
    5. Matematika
5
5
5
    6. Ilmu Pengetahuan Alam
4
4
5
    7. Ilmu Pengetahuan Sosial
4
4
4
    8. Seni Budaya
2
2
2
    9. Pendidikan Jasmani, Olahraga dan  
        Kesehatan
2
2
2
   10.Teknologi Informasi dan Komunikasi
2
2
2
B. Muatan Lokal



    1. Masakan Khas Banjar
2
2
-
    2. Keterampilan Jasa
-
-
2
    3. Baca Tulis Al Quran
2
2
2
C. Pengembangan Diri
3
3
-
D. Bimbingan Konseling
1
1
1
Jumlah
39
39
39
                             
2*) Equivalen 2 jam pelajaran.



2.    Ketuntasan Belajar 

Standar Ketuntasan Belajar siswa setiap mata pelajaran yang berlaku tahun pelajaran 2011/2012 adalah
sebagai berikut  :
NO
Mata Pelajaran
Nilai
Angka
Huruf
1
Pendidikan Agama
70
Tujuh puluh
2
Pendidikan Kewarganegaraan
70
Tujuh puluh
3
Bahasa Indonesia
68
Enam puluh delapan
4
Bahasa Inggris
66
Enam puluh enam
5
Matematika
66
Enam puluh enam
6
Ilmu Pengetahuan Alam
67
Enam puluh tujuh
7
Ilmu Pengetahuan Sosial
70
Tujuh puluh
8
Seni Budaya
70
Tujuh puluh
9
Pendidikan Jasmani
73
Tujuh puluh tiga
10
Pilihan



a. Keterampilan
-
-

b. Teknologi Informasi
    dan Komunikasi
68
Enam puluh delapan
11
Muatan Lokal



a. Masakan Khas Banjar
70
Tujuh puluh

b. Baca Tulis Al Quran
70
Tujuh puluh

c. Keterampilan Jasa
70
Tujuh puluh


KETERANGAN  :
1.    Setiap siswa harus memiliki Nilai Akhir Smester Genap sama atau lebih tinggi dari SKBM setiap mata pelajaran
2.    Jika Nilai Akhir Semester Genap yang diperoleh siswa di bawah SKBM maka ybs. dinyatakan"TIDAK TUNTAS", artinya wajib mengikuti "REMEDIAL".
3.    Jika sampai batas waktu yang ditentukan untuk selesainya remedial ybs. belum memperoleh nilai sama atau di atas SKBM masing-masing mata pelajaran, maka akan ditentukan sbb.  :
a. Siswa harus memperoleh nilai rata-rata untuk 70 % dari semua mata pelajaran termasuk Muatan Lokal  sbb.  :
           - Kelas VII        :  > 
- Kelas VIII       :  > 
- Kelas IX        :  > 
b. Hanya boleh ada 3 (tiga nilai)  di bawah SKBM dengan nilai minimal 50,00
c. Jika ketentuan tentang nilai pada butir  a  dan  b  di atas  tidak terpenuhi maka siswa ybs. dinyatakan  "TIDAK NAIK KELAS".


3. Kriteria Kenaikan Kelas

a.   Siswa dapat dinaikkan setingkat ke kelas yang lebih tinggi jika  :
            Kenaikan kelas dilaksanakan setiap akhir tahun pelajaran. Kriteria kenaikan
      kelas berlaku setelah siswa memenuhi persyaratan berikut, yaitu :
ü  Telah menyelesaikan seluruh program pembelajaran pada semester genap di tingkat yang  sedang ditempuh oleh peserta didik.
ü  Nilai kognitif yang kurang dari KKM tidak lebih dari 3 mata pelajaran untuk semester  genap.
ü  Nilai  Pendidikan Agama dan Pendidikan Kewarganegaraan mencapai   ≥ KKM 
ü  Nilai point pelanggaran maksimal 100.
ü  Kehadiran minimal 80 %.
ü  Diputuskan dalam rapat pleno dewan guru.
b. Pengolahan Nilai Rapor  adalah sebagai berikut  : NR  = ( 2RH + UT + UAS ) /  4
         NR                     : Nilai Rapor.
         RH                     : Nilai Rata-rata Harian.
         UT                      : Nilai Ulangan Tengah Semester.
         UAS                   : Nilai Ulangan Akhir Semester



Kegiatan Lesson Study (do)

Kegiatan Lesson Study  (do)
Ruang Kelas VII C SMP Negeri 11 Banjarmasin

Total Tayangan

Loksado,Kandangan Slideshow: Siti’s trip to Kalimantan, Indonesia was created by TripAdvisor. See another Kalimantan slideshow. Create your own stunning free slideshow from your travel photos.